KONSELOR TANGGAP BENCANA


 

Bencana tsunami telah menerjang Indonesia Bagian Barat yaitu Banten dan Lampung Selatan beberapa pekan yang lalu. Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung terjun langsung ke lokasi untuk menjadi relawan korban tsunami Lampung Selatan.

Terdapat 28 mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam memberikan donasi berupa kebutuhan harian dan layanan berupa Play Therapy kepada anak-anak yang berada dilokasi selama 3 hari. Terhitung sejak tanggal 29-31 Desember 2018, di Posko Pengungsian SMAN 1 Rajabasa, Desa Merak, Lampung Selatan.

Tim ini terdiri dari Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia Pengurus Daerah Lampung, Pengurus Wilayah 1 Sumatera, Pengurus Pusat, Counseling Community, Asisten Laboraturium Bimbingan dan Konseling, dan Pemuda Desa Lampung Timur.

 

 

Hari kedua di lokasi kami dikunjungi oleh Wakil Dekan I yaitu Prof. Dr. Hj. Nirva Diana, M.Pd. Beliau menuturkan, “selain menjadi relawan, kita juga harus menebarkan nilai-nilai islam ditengah masyarakat sesuai dengan almamater kita”, tegasnya kembali.

Sementara itu, Okta Santia, salah satu anak yang mendapatkan layanan play therapy mengatakan sangat senang dengan kedatangan Mahasiswa BKPI UIN Raden Intan. Okta berharap, para mahasiswa tersebut bisa bertahan lama menemani dan mengajarkan mereka di pengungsian.

“Kami senang bisa bertemu dengan kakak-kakak BKPI. Kami di sini diajak bermain, belajar, dan bercerita,” kata Okta.

 

AEWN/AT