HIMA BKPI MENJADI DELEGASI RAKERNAS IMABKIN (RAPAT KERJA NASIONAL IKATAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING INDONESIA)


Universitas Mulawarman yang berada di Wilayah 3 (Kalimantan) menjadi tuan rumah RAKERNAS IMABKIN (Rapat Kerja Nasional Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia) 2019.

Pelantikan Pengurus Pusat IMABKIN 2018-2020

Tujuan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) tersebut untuk musyawarah program kerja Pengurus Pusat IMABKIN dalam 2 tahun kedepan dan  dilaksanakan berdasarkan telah terpilihnya Pengurus Pusat IMABKIN serta Pelantikan Pengurus Pusat IMABKIN Periode 2018-2020. Dalam kesempatan ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) UIN Raden Intan Lampung mengirimkan 1 delegasi untuk keikutsertaan dalam RAKERNAS tersebut, yaitu Arina Eka Wahyuningrum sebagai Sekretaris Umum PP IMABKIN Periode 2018-2020.

Presentasi Program Kerja

Peserta RAKERNAS IMABKIN 2019

RAKERNAS tersebut dilaksanakan pada tanggal 7-9 Februari 2019 di Dekanat FKIP Lt.3. Bersamaan dengan kegiatan RAKERNAS, HIMA BK FKIP Universitas Mulawarman juga mengadakan kegiatan tahunannya yaitu BK GLOWING 2019 yang diikutsertakan oleh mahasiwa BK Se-Indonesia seperti Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Malang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, Universitas Negeri Semarang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Ahmad Yani Banjarmasin, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Negeri PGRI Kediri, UIN Raden Intan Lampung, STKIP PGRI Sumatra Barat, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Padang, Universitas Tadulako, Universitas Mulawarman, Universitas Patimura.

Dalam BK GLOWING 2019 terdapat beberapa acara yaitu, Diskusi Publik serta Lomba Essay Nasional dan Lomba Video Pendek Nasional. Diskusi Publik bersama Prof. Dr. H. Muh. Amir Masruhim, M.Kes (Dekan FKIP Universitas Mulawarman) dan Dr. Ir. Hetifah, MPP (DPR RI DAPIL KALTIM-KALTARA) dengan tema “Tantangan Pendidikan di Era Revolusi 4.0” dilaksanakan pada hari pertama yang diikuti oleh seluruh peserta RAKERNAS dan mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Universitas Mulawarman sekaligus perlombaan yang diadakan oleh HIMA BK FKIP UNMUL.

Di hari ketiga seluruh peserta RAKERNAS melakukan field trip dalam rangka  pengenalan potensi pariwisata yang dimiliki Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian hasil dari RAKERNAS akan dilaksanakan kegiatan selajutnya yaitu pelaksanaan RAPIMNAS (Rapat Pimpinan Nasional) yang akan dihadiri oleh seluruh Pengurus IMABKIN, dan ditetapkan Universitas Tadulako sebagai tuan rumah RAPIMNAS pada Oktober mendatang.

 

AEWN