Visi, Misi, dan Tujuan


Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Lampung adalah sebagai berikut:

Visi Jurusan

Visi Program Studi Bimbingan dan Konseling  yaitu: Terwujudnya Program Studi Pengembang ilmu Bimbingan dan Konseling yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman,  insan cerdas dan kompetitif dalam bidang Bimbingan dan Konseling pada tahun 2021 di Sumatera.

Misi Jurusan

Misi Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, yaitu:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan akademik Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman dan berwawasan IPTEK.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk memperkokoh teori dan praktek di bidang Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman.
  4. Menyelenggarakan program pendidikan profesi Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman yang profesional dan berjiwa interpreuner.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin kemutakhiran ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dapat diimplementasikan oleh dosen dan mahasiswa dengan cepat dan tepat sasaran serta bermanfaat untuk orang banyak.

Tujuan Jurusan

Tujuan umum

Berdasarkan jabaran visi dan misi, maka tujuan umum Prodi  Bimbingan dan Konseling adalah menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang menguasai teori dan praktek Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman. Dari tujuan umum tersebut dirinci menjadi beberapa tujuan khusus.

 

Tujuan Khusus

Tujuan khusus adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan Guru Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman dan Konselor profesional yang berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  2. Menghasilkan peneliti Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman dan Konselor profesional yang peka dan bertanggungjawab terhadap nilai-nilai agama, sosial-budaya, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  3. Menghasilkan konsultan dan praktisi dalam bidang Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman, berkemampuan akademis profesional, berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, dan mandiri berlandaskan karakter kebangsaan dan berorientasi global.
  4. Menghasilkan karya-karya penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menunjang pengembangan ilmu Bimbingan dan Konseling yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman.