WORKSHOP ASSESSMENT PSIKOLOGI TEKNIK NON TES ( WAWANCARA DAN FOCUS GROUP DISCUSSION)


Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) UIN Raden Intan mengadakan Workshop Assessment Psikologi Teknik Non Tes ( Wawancara dan Focus Group Discussion), pada hari Sabtu, 04 Mei 2019.

Kegiatan Workshop ini selain untuk penguatan Mata Kuliah Psikologi Kriminal dan Assesmen Psikologis juga ditujukan untuk memberikan keterampilan mahasiswa dalam wawancara dan FGD dalam pengambilan data sebelum ataupun dalam proses pemberian layanan bimbingan dan Konseling.

Workshop ini dibuka oleh Kepala Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Andi Thahir, S.PSI.,M.A.,Ed.D bahwa ketrampilan atau skill yg dimiliki mahasiswa adalah keharusan demi menjawab tantangan dan peluang kerja setelah selesai kuliah, bahkan harus sampai uji sertifikasi keahlian. Dan sebelumnya juga kita mengadakan workshop Basic Skill Counseling dengan menghadirkan pemateri dari University Kebangsaan Malaysia, demikian ujar Kajur BKPI tersebut.

Adapun dalam workshop kali ini menghadirkan pemateri dari Rumah Psikologi, Annisa Rahmanita,M.Psi.,Psikolog sebagai pemateri dalam teknink nom tes wawancara dan Cindani Trika Kusuma,M.Psi.,Psikolog sebagai pemateri dalam Focus Group Discussion.

Adapun panitia penyelenggara kegiatan ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam asisten laboratorium dan Klinik Konseling Mahasiswa yang diketua oleh Weny Hanifah dengan jumlah peserta 238 mahasiswa. kegiatan ini juga dimerahkan oleh BK Voice dan Rumah Tari BK. Lanjut menurut ketua pelaksana bahwa workshop ini sangat bermanfaat buat kami, baik sebagai persiapan dalam melakukan penelitian maupun sebagai keterampilan diri dalam melakukan interview dan FGD sebagai pengumpulan data. Dengan harapan dapat direalisasikan oleh mahasiswa BKPI ketika terjun dilapangan pendidikan.